Sunday, November 02, 2014

Hal hal Yang Berlebihan

IKATAN REMAJA MASJID AL – WAHID SMK WAHIDIN KOTA CIREBON
JAWABAN KOTAK PERTANYAAN



Edisi              : Senin, 3 Oktober 2014                                                                                                 
Nomor           : 006 /K.Pertanyaa/Ikrema                             
 

Pertanyaan Dari  : Nama Samaran                   
Dijawab Oleh   : Emma Liana
Diperiksa Oleh : 1.  Alfiano Murpi, M.Pd.I   2.  M. Makrus S.Pd.I  3. Alussy, S.Pd.I
 

Bertanya : “ Assalamualaikum Wr. Wb.  Maaf, saya ingin bertanya, apa benar allah itu tidak suka yang berlebihan? Tapi tujuan ini hanya untuk beriman dan mengagungkan namanya ? saya pernah mendengar dari seorang manusia atau hamba allah, J Katanya jika kita membaca doa ata membaca ayat allah itu tidak boleh berlebihan ? itu mendatangkan saiton?! Apa benar? Sedangkan yg saya tau jika membaca ayat allah dalam jumlah yang banyak dlm satu waktu itu insya allah apa yang kita inginkan akan terkabul, dan jika bacaan tsb sudah terlallu banyak yang kita ucapkan akan terasa ada yang menuntun dan kodam penunggu ayat itu akan membantu kita untuk menuntun bacaan tsb. Nah pertanyaan saya, saya butuh penjelasan ini semua jadi yang bener itu yg seperti apa? J Ditunggu ya kawan Jawabannya J Jangan PHP lho :-D  Wassalamualaikum Wr. Wb. “

Dijawab :  “  Walaikumsalam warahmatullohi wabarokatu.
Memang betul Allah tidak menyukai hal-hal yg berlebihan atau favvarus. Tetapi dilihat dulu berlebihannya dalam apa? Hal yg baik atau bahkan itu perintah Allah atau berperilaku jahiliyah yg secara berlebihan itu tidak boleh dan dilarang oleh Allah SWT.
Allah SWT Berfirman : “ Dan Hendaklah kamu tetap dirumahku dan janganlah kamu berhias dan ( bertingkah laku ) seperti orang orang jahiliyah dahulu, dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasulnya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, Wahai ahlulbait ( keluarga Rasulullah SAW ) dan membersihkan kamu sebersih – bersihnya. “ ( QS. AL- AHZAB : 33 )                                              Ayat diatas menjelaskan tentang orang jahiliyah yg berperilaku buruk secara berlebihan.
Sedangkan secara berlebihan untuk hal yg kebaikan itu tidak papa itu bagus, Seperti hanya membaca Al – Qur’an dalam jumlah ayat banyak malah bagus. Dan perasaan hati kita akan merasa lebih tenang dan selalu mengingat Allah SWT ketika membaca Ayat – Ayat Allah,
 Allah SWT Berfirman : “Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.    ( QS. AZ – ZUMAR : 23 )
Masalah Doa pasti dikabulkan oleh Alah SWT Karena Allah maha pengabul lagi maha penerima Tobat.
Allah SWT Berfirman : “ Hai orang-orang yang beriman, mohonlah pertolongan ( Kepada Allah ) dengan  sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. ( QS. AL – BAQARAH : 153 )
Semoga bermanfaat untuk Akhwat dan Ikhwan

Wassalamualaikum warahmatullohi wabarokatu
                                                                                                                  
                                                               
                                    Terpostingkan Di Website Ikremasmkwahidin.blogspot.com
loading...

Related Posts

Hal hal Yang Berlebihan
4/ 5
Oleh