Wednesday, May 21, 2014

Marawis Smk Wahidin Kota Cirebon


         Assalamulaikum Warohmatulohi Wabarokatu
Puji Syukur Alhamdulillah Marilah Kita Panjatkan Kehadirat Allah Swt Yang Telah Memberikan Nikmat Sehat Kepada Kita Semua.
Pada Posting Marawis Ikrema Ini Saya akan Menjelaskan Sedikit Sejarah Marawis Itu Sendiri.
          Sejarah masuknya marawis ke Indonesia, pertama kali dibawa oleh para ulama Hadramout (Yaman) yang berdakwah ke Indonesia dan dipentaskan pertama kali di Madura, sekitar tahun 1892. Marawis adalah salah satu jenis musik perkusi dengan unsur religius yang kental. Dibawakan untuk mengiringi shalawat atau pujian kepada Allah dan Rosul, disertai tari-tarian sufistik.
       Hingga kini belum ditemukan adanya penelitian ilmiah-historis ataupun data yang memadai untuk dijadikan rujukan kapan sebetulnya kesenian marawis ini berkembang dan siapa yang memeloporinya. Sumber-sumber yang bisa menjadi rujukan histori marawis baru terbatas pada sumber-sumber lisan. Konon marawis pertama kali dipopulerkan oleh para Habib (keturunan Rasulullah SAW) dan merupakan produk kebudayaan bangsa Arab.
         Sumber menyatakan bahwa kesenian marawis pada mulanya ditemukan di Kuwait sekitar abad 16. Pada awalnya hanya terdiri dari 2 alat musik yaitu hajer dan marawis, semacam sebuah rebana dengan berukuran cukup besar yang kedua sisinya dilapisi oleh kulit binatang.
           Dan Perkembangan Marawis Ini Pun Sudah Berkembang Di Daerah daerah Indonesia Seperti Contoh Saja Di Cirebon Tepatnya Di SMK WAHIDIN KOTA CIREBON Sudah ada Ekstakulikuler  Marawis Yang Merupakan Pemainnya Dari Remaja Mesjid Al - Wahid.
           Adanya Ekstrakulikuler Marawis Di Smk Wahidin Ini Berkat Keinginan Remaja Masjid Al - Wahid Untuk Di Adakannya Marawis Dan Guru Pembina IKREMA Ini Sendiri Mengajukan Kepada kepala Sekolah Dan Di Izinkan Untuk Di adakannya Ekskul Marawis Ini.
           Kegiatan Marawis Ini Sendiri Masih Berjalan Hingga Sekarang, Ke Anggotaan Marawis Di SMK WAHIDIN ini Ada 9 Anggota Di Bagian Alat Marawis Dan 3 Sebagai Vokal.
Di Bawah Ini Adalah Foto Foto Kegiatan Marawis Selama Ini Yang Sudah Di Laksanakan .

Latihan Marawis


Sesudah Tampil Marawis 

 
loading...

Related Posts

Marawis Smk Wahidin Kota Cirebon
4/ 5
Oleh